PETUNJUK HIDUP TENANG 

  •  Keshia Hestkahayu Suranta
  •  


1 Tesalonika 4:11 (BIMK)  Berusahalah hidup dengan tenang dan tidak mencampuri persoalan orang lain. Hendaklah kalian bekerja mencari nafkah sendiri, sebagaimana kami dahulu sudah perintahkan kepadamu. 


Di dalam Alkitab banyak sekali nasihat dan panduan hidup yang benar. Salah satunya, adalah bagaimana seharusnya orang beriman dapat hidup dengan tenang. Di jaman modern seperti ini, ketika hidup bersosial media begitu maju, kita mudah sekali tidak merasa tenang. Mengapa? Karena ada dorongan untuk memposting semua hal, ada dorongan untuk mendapat "like", hingga yang paling menyedihkan adalah berusaha mencampuri urusan orang lain dengan cara menyebarkan berita yang belum tentu benar. Hal terakhir ini, menurut Alkitab adalah kunci hidup yang tidak tenang. Ketika kita terlalu sibuk mencampuri urusan orang lain, maka kita tidak dapat mengerti prioritas hidup kita. Orang yang berkonsentrasi pada hidupnya sendiri akan lebih fokus untuk terus berusaha mengenali dirinya sendiri, memperbaiki dirinya sendiri dan meng-upgrade kemampuan dirinya sendiri. Ia akan berbagi pengalaman tersebut kepada orang lain dengan sukacita tanpa mementingkan, apalagi membandingkan "hasilnya" dengan orang lain. 
Sungguh sebuah panduan hidup yang bijaksana di tengah gencarnya modernisasi yang kerap membuat fokus kita hilang pada apa yang seharusnya. Hidup beriman kepada Tuhan adalah menyadari bagaimana kita harus terus berusaha mengenali dan memperbaiki diri sendiri demi kemuliaan nama Tuhan. Inilah tanggung jawab kita secara pribadi kepada Tuhan Sang Pemberi Hidup! 
Marilah berdoa secara khusus untuk:
* Perdamaian dunia 
* Diri sendiri dan orang di sekitar yang membutuhkan pertolongan Tuhan untuk dapat melakukan firman hari ini. 

Pdt Keshia H.S