MENGENAL ALLAH

  •  Maria Sampyuh
  •  

NAHUM 1:1-13

Apakah kita mengenal Allah? 
Kalau pertanyaan ini dipertanyakan kepada kita, apa jawabnya? 
Mungkin sebagian dari kita akan berkata:"itu pertanyaan yang nggk perlu ditanyakan, ya pastilah kenal." 
Namun, bisa jadi sebagian yang lain akan menjawab:"nggak kenal, hanya sedikit tahu saja." 
Bagi sebagian yang menjawab: "sudah pastilah kenal", sejauh mana kita mengenalNya? Dan bagi sebagian yang merasa bahwa hanya sedikit mengenal dan tidak terlalu banyak tahu,apakah mau semakin mengenal Allah? 

Kitab Nahum adalah kitab penglihatan Nahum,orang Elkosh. Kitab ini adalah salah satu Kitab yang menyampaikan nubuat dari Allah melalui seorang nabi Israel kepada bangsa bukan Yahudi. Dari Nahum 1:1-13, mari belajar mengenal bagaimana Allah dan seperti apa Allah itu? 
1. Tuhan itu Allah yang cemburu, dan Pembalas.
Allah tidak membiarkan manusia yang menyembah kepada ilah yang lain atau manusia yang menduakan DiriNya dengan cara beribadah kepada ilah-ilah yang lain. Allah tidak membiarkan orang-orang yang memusuhiNya (ayat 2)

2. Tuhan itu panjang sabar
Allah penuh dengan kasih dan kemurahan. Namun Allah adalah Allah yang tidak membiarkan orang-orang yang bersalah. Allah itu penuh kasih namun Allah adalah adil (ayat 3)

3. Allah itu Maha Kuasa (ayat 3-6)
Kekuasaan Allah mengatasi segala sesuai. Tidak ada yang sanggup menghadapi kekuasaan Allah.

4. Allah itu Baik, Allah adalah tempat pengungsian pada waktu kesusahan (ayat 7-8)

Dengan mengenal Allah, maka membuat kita bersyukur karena memiliki Allah yang murah hati, panjang sabar, menjadi tempat untuk berlari dan mengungsi pada waktu kesusahan. Namun juga membuat kita terus waspada agar tidak menjadi musuh Allah, dan tidak memandang kesalahan dan dosa sebagai hal yang biasa dan wajar. 

Tuhan Yesus kiranya menolong untuk setia hidup dalam FirmanNya