KEMAUAN MENDENGAR

  •  Daniel Kristanto Gunawan
  •  


Amos 3:1-12
 
“Sungguh, Tuhan Allah tidak berbuat sesuatu tanpa menyatakan keputusan-Nya kepada hamba-hamba-Nya, para nabi” - Amos‬ ‭3:7‬ ‭

Kecelakaan tragis tak bisa dihindari, sebuah minibus ditabrak oleh kereta api. Korban jiwa tak terselamatkan. Masalahnya berawal dari supir bis yang enggan mendengar sirine peringatan palang kereta api dan mungkin teriakan peringatan dari penumpangnya. 

Amos menyampaikan peringatan kepada Yehuda tentang murka Allah atas ketidakadilan yang mereka dilakukan. Amos menyampaikan kepada bangsa itu bahwa Hukuman Allah tidak datang begitu saja tanpa peringatan.  Allah selalu memberitahukan keputusan-Nya sebelum berbuat. Masalahnya adalah: umat-Nya mau mendengar atau tidak.

Peringatan Allah bertujuan agar kita tidak salah ambil keputusan atau pilihan dalam hidup ini. Peringatan Allah juga mengingatkan agar kita segera berbalik dari cara hidup yang salah. Peringatan Allah tak mungkin  tak sampai pada telinga kita, Dia punya seribu cara untuk menyampaikan pada kita. Masalahnya adalah kita mau mendengarkan-Nya atau tidak.

Dalam kidung Mazmur 95 mengatakan “Pada hari ini jika kau dengar suara-Nya, jangan keraskan hatimu” maka mari kita buka telinga dan hati untuk sungguh mendengar dan menerima apa yang Tuhan peringatkan, agar kita tetap selamat dalam jalan hidup kita. Amin

Doa Syafaat:
1. Agar kita diberikan kepekaan untuk mendengar dan memahami peringatan Tuhan
2. Perdamaian dunia

Pdt. Daniel. K Gunawan