DIA UBAH MENJADI KEBAIKAN 

  •  Maria Sampyuh
  •  


KISAH PARA RASUL 7:9-16

"Karena iri hati, bapa-bapa leluhur kita menjual Yusuf ke tanah Mesir, tetapi menyertai dia, dan melepaskannya dari segala penindasan serta memberinya anugerah dan hikmat, ketika ia menghadap Firaun, raja Mesir. Firaun mengangkatnya menjadi kuasa atas tanah Mesir dan atas seluruh istananya" ( Kisah Para Rasul 7: 9-10). 

Sebuah kalimat yang sangat bagus tetapi juga sekaligus kalimat yang tidak mudah untuk diwujudnyatakan. 
Kalimat itu berbunyi demikian:" Hadapilah hal dan perbuatan buruk dengan karakter terbaik yang anda miliki". 
Apakah bapak, ibu, saudara setuju dengan apa yang saya katakan tadi? Bahwa kalimat ini adalah kalimat yang tidak mudah untuk diwujudnyatakan? 
Saat seseorang diperlakukan buruk, biasanya akan bereaksi yang buruk juga. Waktu diperlakukan tidak menyenangkan, pasti juga tidak akan terima-terima saja. 

Karena iri hati, maka saudara-saudara Yusuf berlaku tidak baik terhadap Yusuf. Mereka menjual Yusuf sebagai budak. Kehidupan Yusuf berubah secara drastis, dari seorang merdeka menjadi budak di negeri orang. Secara manusia pastilah berpikir bahwa kehidupan Yusuf sudah berakhir, masa depannya hacur, masa mudanya dihabiskan sebagai budak. Tetapi keburukan yang dirancangkan oleh manusia, Allah ubahkan menjadi kebaikan, bukan hanya bagi Yusuf secara pribadi, tetapi bahkan juga kaum keluarganya, bangsanya dan juga bangsa Mesir. Dari seorang budak, tetapi Allah memberikan anugerah dan berkat sehingga Yusuf menjadi orang kepercayaan raja Firaun. Allah mengubahkan yang buruk itu menjadi kebaikan bagi banyak orang. 
Allah tidak meninggalkan Yusuf berjuang sendiri, tetapi Allah menyertai dan membuat berhasil apa yang dikerjakan oleh Yusuf ini. 

Peristiwa ini yang diceritakan kembali oleh Stefanus dalam pembelaannya. Belajar dari peristiwa yang menimpa Yusuf, maka Stefanus  juga percaya bahwa Allah juga memiliki rancangan yang terbaik dalam hidupnya.  Meskipun orang merancangkan yang buruk, tapi Allah bisa mengubahkan menjadi kebaikan bagi banyak orang. Selalu ada jalan didalam Tuhan, selalu ada masa depan bersama Tuhan. Bagi setiap orang yang mau berproses bersama Tuhan, maka Tuhan akan menjadikannya kebaikan dan berkat bagi banyak orang. 
Jika Tuhan beserta, maka Tuhan akan membuat berhasil. Tuhan memberikan masa depan dan kesempatan untuk setiap orang yang mau  berproses dengan  Tuhan. 

Kiranya Tuhan Yesus memberkati.