Categories
BLOG Renungan Warta

Aliran Air Hidup

Image from christianity.com

“Barangsiapa percaya kepada-Ku, seperti yang dikatakan oleh Kitab Suci; Dari dalamhatinya akan mengalir aliran-aliran air hidup.” (Yohanes 7 : 38)

Pada hari ini umat Kristen merayakan hari raya Pentakosta. Pentakosta yang kita kenal saat ini adalah hari peringatan dicurahkannya Roh Kudus kepada para rasul di Yerusalem, 50 hari setelah Paska. Dalam Perjanjian Lama, Pentakosta dikenal oleh orang Yahudi sebagai hari besar perayaan festival panen raya, yang diselenggarakan tujuh minggu setelah perayaan Paskah. Pada saat itu orang-orang Yahudi datang dari segala penjuru dunia ke Yerusalem.

Hari pencurahan Roh Kudus sudah dijanjikan oleh Tuhan Yesus sebelum Ia naik ke sorga. Lukas telah menulis dalam Kisah Para Rasul 1 : 4-5, “Pada suatu hari Ia (Yesus) makan bersama-sama dengan mereka, Ia melarang mereka meninggalkan Yerusalem, dan menyuruh mereka di situ menantikan janji Bapa yang -demikian kata-Nya- “telah kamu dengar dari pada-Ku. Sebab Yohanes membaptis dengan air, tetapi tidak lama lagi kamu akan dibaptis dengan Roh Kudus.”

Pada saat Roh Kudus turun ke atas para murid, maka mereka akan menerima kuasa dan menjadi saksi Yesus Kristus di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi. (Kisah Para Rasul 1 : 8). Bagi orang yang telah datang dan percaya kepada Tuhan Yesus, maka mereka juga menjadi saksi Kristus untuk memberitakan kasih dari Allah.

Pada saat Hari Raya Pondok Daun, Tuhan Yesus telah mengatakan kepada orang banyak, “Barangsiapa haus, baiklah ia datang kepada-Ku dan minum! Barangsiapa percaya kepada-Ku, seperti yang dikatakan oleh Kitab Suci: Dari dalam hatinya akan mengalir aliran-aliran air hidup.” (Yoh. 7 : 37a–38). Yesus menegaskan bahwa orang yang datang dan percaya kepada-Nya akan menerima curahan Roh Kudus.

Karena itulah, mereka yang percaya kepada Yesus, dari hatinya akan mengalir air hidup yang terus memberikan kesejukan dan kesegaran bagi dunia ini. Sebagai orang percaya, maka dari hati kita akan mengalirkan air hidup yang memberi kehidupan bagi orang-orang di sekitar kita. Buah-buah roh akan memancar dalam kehidupan kita sehingga semakin banyak orang mengenal dan percaya kepada Yesus. Mereka akan menikmati firman Allah dan Roh Kudus akan ada dalam kehidupan mereka pada saat mereka percaya kepada Tuhan Yesus. Jadilah saksi Kristus yang terus mengalirkan air kehidupan dari hati kita. Kiranya Roh Kudus menolong kita. Amin. (SS)

By Sujud Swastoko

Sujud Swastoko adalah salah seorang penatua dan tenaga pengerja GKI Coyudan Pos Baturan Indah. Sempat lama di ibukota, Sujud kembali ke kota Solo dan memulai pelayanannya di gereja ini. Lahir di Karanganyar, 14 Januari 1969, Sujud sangat konsen dalam pelayanan konseling, mengajar, penulisan, khotbah, motivasi. Karena kemampuannya di bidang literasi, maka ia juga dipercaya oleh gereja menjadi pemimpin redaksi majalah Ebenhaezer. Saat ini, Sujud aktif sebagai pengerja di pos kebaktian Baturan indah, Tim Bina Jemaat, dan juga dosen teologi di salah satu STT di kota Solo. Baginya, membantu orang yang ingin maju dalam hidupnya adalah sebuah kerinduan yang terus dilakukannya.