24Bacaan: II PETRUS 1:16-21

Rasul Petrus ketika memberitakan kedatangan Kristus sebagai raja dihadapkan dengan banyak cerita dongeng-dongeng yang tidak benar. Namun rasul Petrus menegaskan bahwa apa yang dia sampaikan adalah kebenaran. Dia berpegang teguh melalui kesaksian yang dia alami sendiri mengenai kemuliaan Kristus. Jadi apa yang dia sampaikan adalah apa yang benar-benar terjadi, bukan dongeng isapan jempol semata. Petrus juga mengingatkan kita agar kita tidak sembarangan dalam menafsirkan nubuat-nubuat dalam Kitab Suci. Nubuat mengenai kedatangan Sang Juruselamat tergenapi melalui kisah natal dalam Alkitab. Yesus lahir melalui anak dara Maria di kota Betlehem.

Natal yang kita rayakan setiap tahun seringkali identik dengan kemeriahan pesta, hiasan warna-warni, bungkusan kado-kado yang dihias, dekorasi yang indah, hinga-bingar lagu-lagu berkumandang, Tidak lupa juga banyak cerita-cerita natal yang muncul. Ada cerita terkenal tentang Sinterklas yang bertubuh gempal, berjanggut dan berbaju merah, yang dengan gembira membagi-bagikan kado buat anak-anak. Ada juga cerita mengenai seekor rusa bernama Rudolf yang berhidung merah, dan masih banyak cerita-cerita lainnya lagi.

Namun demikian dari cerita-cerita tersebut tidak semuanya benar sesuai dengan Alkitab dan iman Kristen. Yang seringkali menjadi kekacauan adalah bahwa cerita tersebut melekat dengan hari raya natal, hari raya-nya orang Kristen. Karena itu, kita yang belajar firman harus dapat membedakan manakah cerita natal yang benar sesuai dengan Alkitab, dan mana yang bukan, sehingga ketika kita kembali menceritakan mengenai kisah natal kepada anak-anak kita, cucu-cucu kita, dan orang-orang lain yang belum mengenal Tuhan, kita dapat mennceritakan kisah natal yang benar. Kisah natal yang mana Allah hadir di dunia melalui bayi Yesus, yang lahir sebagai manusia untuk menyelamatkan kita yang berdosa. Kisah natal yang harus senantiasa kita hayati, renungkan, dan bagikan sebagai wujud cinta kasih Allah bagi manusia. (YE)

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com