23Bacaan: EFESUS 2:11-22

Pernahkah anda membayangkan jika Yesus hanya lahir untuk orang Yahudi saja? Tidak akan ada perayaan natal di seluruh dunia kecuali hanya di negara Israel, dan yang paling mengerikan adalah bahwa tidak ada kesempatan keselamatan bagi umat manusia di dunia ini. Akan tetapi yang dituliskan di Alkitab tidaklah demikian. Kristus datang ke dunia tidak hanya untuk orang Yahudi saja, melainkan untuk seluruh bangsa di dunia.

Pada kehidupan jemaat mula mula, masih banyak konflik yang terjadi karena perbedaan golongan bangsa Yahudi dan Non Yahudi. Bangsa Yahudi merasa bahwa mereka adalah bangsa murni karena memegang berbagai peraturan lahiriah agama, salah satunya adalah ‘sunat’ daripada bangsa Non Yahudi. Rasul Paulus menegaskan bahwa Kristus datang menyelamatkan semua bangsa. Di dalam iman kepada Kristus, semua orang dipanggil hidup bersama sebagai keluarga Allah. Kristus datang lahir ke dunia untuk menyelamatkan orang dari segala bangsa, baik Yahudi maupun non Yahudi di dalam satu persekutuan anugerah damai sejahtera. Keselamatan yang bukan lagi didasarkan pada hukum dan peraturan lahiriah, tetapi karena iman kasih karunia.Kita patut mengucap syukur karena kita punya Allah yang mau datang dalam diri Yesus untuk memberikan keselamatan tidak hanya bagi bangsa Yahudi saja, Allah yang mau terbuka terhadap setiap keragaman dan keberbedaan, meniadakan tembok-tembok pemisah di antara bangsa-bangsa.

Karena itu, dalam masa penantian natal ini, marilah kita juga merenungkan apakah selama ini kita masih membangun tembok-tembok pemisah di antara saudara-saudara kita, sesama kita? Masihkah kita membeda-bedakan dalam memperlakukan orang lain?

Marilah kita meneladani Allah yang merubuhkan tembok-tembok pemisah keberbedaan, menjadi terbuka, dan semakin kaya dalam keragaman komunitas kita yang saling membangun, saling melengkapi, dan saling mendorong dalam kasih dan pertumbuhan iman. Mari jadikan natal ini bukan natal milik kita sendiri, tetapi menjadi natal milik kita bersama. (YE)

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com