Skip to content

Apa jawaban kita jika pertanyaan ini di tanyakan kepada kita : “Apakah arti hidupmu?” Jawaban kita akan berbeda-beda pastinya. Tetapi mungkin juga ada diantara kita yang bingung memberikan jawaban karena tidak pernah berfikir juga apa sebenarnya arti hidup itu. Tidak sedikit orang yang menjalani hidup ini tidak lebih dari sekedar rutinitas,jadi apa sebenarnya arti hidup ? Tidak tahu.

Tetapi jika pertanyaan ini di tanyakan kepada Rasul Paulus,dia dengan cepat akan memberikan jawabannya demikian : “Tetapi jika aku harus hidup di dunia ini, itu berarti bagiku bekerja memberi buah.” (Filipi 1 : 22).
Bagi Rasul Paulus hidup itu adalah bekerja memberi buah. Oleh karena itu kehidupannya di pakai secara luar biasa untuk bekerja bagi Tuhan. Rasul Paulus memiliki semangat dan juga ketekunan yang sangat besar dalam memberitahukan Firman Tuhan.

Ketika bekerja buat Tuhan,tidak selalu berada dalam kesukaran dan kesenangan. Rasul Paulus juga menghadapi masa-masa sukar, mengalami berbagai macam penderitaan dan penganiayaan. Tetapi masa-masa sukar, penderitaan dan penganiayaan itu tidak menyurutkan semangat dan ketekunannya, tidak membuat dirinya mundur dan berhenti bekerja buat Tuhan.
Seperti nasehatnya dalam Filipi 1:27-30. Nasehat supaya tetap berjuang. Sebagai orang-orang yang percaya kepada Kristus bukan saja di panggil untuk percaya tetapi juga untuk menderita bagi Kristus. Rasul Paulus bukan hanya memberi nasehat, tetapi Rasul Paulus juga memberikan teladan melalui sikap hidupnya.

Rasul Paulus tetap maju karena dia tahu persis apa arti hidupnya. Hidupnya akan berarti jika dia bekerja untuk Tuhan. Meskipun ketika dia bekerja buat Tuhan akan berhadapan dengan berbagai macam kesulitan, tantangan, penderitaan dan penganiayaan, namun semua itu tidak bisa menghentikan langkahnya untuk tetap bekerja bagi Tuhan, bekerja memberi buah.
Bagaimana dengan kita?

Apa arti hidup kita? Jika kita memaknai hidup ini seperti Rasul Paulus, maka kita juga akan memiliki semangat dan ketekunan untuk bekerja buat Tuhan. Tidak akan mudah menyerah, tidak akan mudah mundur walaupun banyak tantangan dan rintangan. Tidak semua berjalan seperti yang kita harapkan. Ada suka dan duka pasti, ada kesenangan ada kesulitan, benar. Tetapi kerja buat Tuhan selalu manise.

Leave a Reply