IMAN MENGALAHKAN DUNIA

  •  Sujud Swastoko
  •  

IMAN MENGALAHKAN DUNIA
1 Yohanes 5:1-5

”Siapakah yang mengalahkan dunia, selain dari pada dia yang percaya, bahwa Yesus adalah Anak Allah?” (1 Yohanes 5:5)

Tidak semua orang bisa dan berani mengatakan dan menyatakan bahwa Yesus adalah Anak Allah. Karena keberanian dalam menyatakan iman di dalam Yesus Kristus akan membawa dampak yang besar dalam kehidupannya. Kalau dia percaya bahwa Yesus adalah Anak Allah, berani menyatakan Yesus adalah Juruselamatnya, maka ia harus siap untuk menderita dan bersedia memikul salib.

Banyak orang yang setelah percaya kepada Kristus, merasakan damai dalam hidupnya, tetapi juga menghadapi persoalan-persoalan berat yang bisa menggoyahkan imannya. Godaan dan pencobaan yang paling besar berasal dari dunia ini. Dunialah yang menawarkan segala keinginan manusia untuk memuaskan hasratnya agar bisa berkuasa, dihargai, memiliki segalanya, yang semuanya berorientasi pada kepentingan diri sendiri.

Sedangkan orang yang beriman kepada Kristus, hidupnya bukan untuk dirinya lagi, melainkan untuk Tuhan. Segala yang dimilikinya adalah milik Tuhan. Segala aktivitasnya dalam hidup ini juga untuk memuliakan nama Tuhan. Dengan demikian cara hidupnya adalah cara hidup seperti yang dikehendaki Tuhan, menuruti Firman Tuhan.

Secara manusia kita tidak akan sanggup mengalahkan dunia sehingga sering jatuh dalam dosa. Tetapi mereka yang beriman di dalam Tuhan Yesus akan dimampukan untuk hidup sesuai Firman Tuhan dan mengalahkan dunia, karena ada Roh Kudus yang menuntun, membimbing, dan memberikan kekuatan kepada orang percaya. 

Orang yang percaya bahwa Yesus Kristus adalah Anak Allah menjadi kuat karena orang tersebut lahir dari Allah dan memiliki kekuatan dari Allah. Roh Kudus berdiam dalam kehidupan orang percaya, sehingga dia bisa menang terhadap dunia.

Firman Tuhan dalam surat 1 Yohanes 4:2-3 dengan tegas mengatakan, ”Demikianlah kita mengenal Roh Allah: setiap roh yang mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia, berasal dari Allah, dan setiap roh, yang tidak mengaku Yesus, tidak berasal dari Allah. Roh itu adalah roh antikristus,”   

Jika kita beriman dan percaya kepada Tuhan Yesus, maka kita harus menunjukkan sikap Kristus yaitu kasih kepada sesama dan kepada Allah. Tanda bahwa kita mengasihi anak-anak Allah adalah kita menuruti dan melakukan perintah-perintah-Nya. ”Perintah-perintah-Nya itu tidak berat, sebab semua yang lahir dari Allah, mengalahkan dunia. Dan inilah kemenangan yang mengalahkan dunia: iman kita.” (ay.3-4).

Kiranya Roh Kudus menolong kita sehingga bisa menaati dan menuruti perintah-perintah Tuhan dan menang terhadap dunia. Amin,

Pokok Doa:

  1. Korban banjir bandang di Manado.
  2. Pergumulan hidup anggota Jemaat.
  3. Pelayanan di GKI Coyudan