Ada rupa rupa karunia, tetapi satu Roh. Dan ada rupa-rupa pelayanan, tetapi satu Tuhan. Dan ada berbagai-bagai perbuatan ajaib, tetapi Allah adalah satu yang mengerjakan semuanya dalam semua orang. (I KORINTUS 12:4-6).

Apakah Bapak Ibu Saudara yakin dan percaya bahwa Anda semua sudah selamat dan pasti masuk Surga yang Mulia? Sebagian dari kita akan menjawab dengan mantab “Ya, saya yakin dengan segenap hati”. Lalu pertanyaan selanjutnya adalah “Apa yang sudah kita lakukan bagi Tuhan sebagai ucapan syukur atas keselamatan yang sudah lunas dibayar dengan darah-Nya yang mahal itu?”

Bacaan kita dari I Korintus 12:3-13 menyatakan bahwa kita bisa percaya bahwa Yesus adalah Tuhan oleh penyataan Roh Kudus (ay.3) dan bahwa oleh karunia Roh Kudus jugalah kita sebagai orang percaya diperlengkapi dengan berbagai bagai karunia untuk menjadi rekan kerja Allah di dunia (ay.4-6). Sehingga dapat disimpulkan bahwa Karunia Roh Kudus yang sudah kita terima dalam keselamatan juga sekaligus memampukan kita untuk mengerjakan keselamatan tersebut.

Bagaimana? Melalui rupa-rupa karunia (ay.7) Apa sajakah karunia tersebut? 

  • Karunia berkata-kata dalam hikmat dan pengetahuan (ay.8)
  • Karunia iman dan karunia menyembuhkan (ay.9)
  • Karunia mengadakan mujizat, karunia bernubuat, karunia berbahasa Roh dan menerjemahkannya (ay.10)

Setiap kita pasti diberikan karunia Roh untuk ikut ambil bagian dalam pekerjaan Allah di bumi (ay.11). Apa karunia yang kita miliki sekarang?

Kita bisa menjadi penerima tamu, pendoa syafaat setiap saat, bergabung dalam paduan suara atau PNJ. Kita bisa memakai talenta musik untuk menjadi pemusik di Gereja. Kita bisa ikut berperan sebagai Penatua atau aktifis panitia. Kita bisa menjadi Guru Sekolah Minggu. Kita bisa menjadi petugas persembahan atau bergabung di tim Multimedia. Kita bisa ikut ambil bagian dalam tim Perkunjungan. Peran aktif dan nyata dari kita semua akan sangat memuliakan Nama-Nya.

Marilah kita memakai karunia tersebut semaksimal mungkin sebagai ungkapan syukur kita bagi keselamatan yang telah kita terima. Sebagai satu tubuh GKI Coyudan Solo, bersama bersehati melayani. (ay.12). Soli Deo Grasia! (KNN)