Bacaan: ROMA 8:6-11

Hidup yang dipimpin oleh Roh Allah adalah hidup yang berada dalam pembaharuan, tidak dikuasai oleh keinginan dan hawa nafsu pribadi (keinginan daging) melainkan hidup seturut dengan Kehendak Allah. Dalam Roma 8:14 mengatakan “Semua orang, yang dipimpin Roh Allah, adalah anak Allah”. Setiap orang yang yang telah menyerahkan diri kepada Allah maka menjadi milik Allah dan disebut sebagai anak-anak Allah. Sebagai anak-anak Allah maka kita harus hidup dalam kebenaran Allah serta menjaga kesucian hidup. Setiap orang percaya yang dipimpin oleh Allah maka hidupnya juga bersandar pada Roh Kudus supaya menuntun pikiran, kata-kata, dan perbuatannya (Roma 6:11–14).

Orang percaya tidak akan hidup melakukan keinginan daging, sebab hal itu merupakan perseteruan dengan Allah, dan sebagai bentuk ketidaktaatan seseorang terhadap Allah. Namun, orang percaya harus menghasilkan buah Roh dalam hidupnya yaitu kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, dan penguasaan diri (Galatia 5:22–23). Hidup dalam Roh sama dengan mengijinkan Firman Tuhan tinggal dalam hidup kita, sehingga melalui Firman itu maka hidup orang percaya menghasilkan ucapan syukur, puji-pujian, dan sukacita dalam kehidupannya.

“Hidup dalam Roh” berbicara mengenai taat dalam pimpinan Roh sehingga orang percaya “berjalan bersama Roh”, dan mengijinkan Roh Kudus menuntun langkah kita serta mencocokkan pikiran kita. Marilah sebagai anak-anak Allah kita hidup dalam pimpinan dan kehendak Allah. Berjuang untuk menguasai diri kita agar tidak jatuh dalam keinginan daging dan terus peka untuk mendengar suara Allah yang memimpin hidup kita. Amin. (DA)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.