Bacaan: Ulangan 30:15-20

Akhir-akhir ini kita sering melihat – khususnya di televisi dan di media sosial – kecenderungan orang ingin bebas melakukan apa saja yang diinginkannya, bahkan tidak jarang dari mereka yang tidak peduli terhadap orang lain. Kebebasan yang akhirnya kebablasan. Ada yang dengan terang-terangan menghina, merendahkan, menjelekkan, bahkan “membunuh karakter” orang lain dengan segala cara. Bahkan yang sedang terjadi sekarang ini adalah dengan sengaja membuat dan menyebarkan berita palsu (Hoax).

Ya, memang salah satu hal yang diagung-agungkan oleh manusia modern saat ini adalah kebebasan. Kita memang senang untuk hidup bebas, tidak mau diikat oleh norma-norma dan aturan-aturan. Bebas berekspresi, bebas mengeluarkan pendapat, bebas bertindak dan sebagainya. Kita merasa dengan kebebasan semacam itu hidup kita menjadi “hidup”. Sebaliknya, ketika kita mulai dikekang, kita merasa bahwa hidup kita menjadi “mati” sebab kita tidak bisa menghidupinya sesuai dengan keinginan kita sendiri.

Dalam bacaan kitab Ulangan, kita diajak melihat kembali definisi hidup dan mati dari sudut pandang Allah. Pilihan hidup atau mati dihadapkan Musa kepada bangsa Israel dalam pidato terakhirnya. Pilihan kehidupan adalah ketika bangsa Isarel memilih untuk mengasihi TUHAN, berpaut kepada-Nya dengan hidup menurut jalan yang ditunjukkan-Nya dan berpegang pada perintah, ketetapan dan peraturan-Nya. Sebaliknya, pilihan kematian adalah ketika hati mereka berpaling dan tidak mau mendengar, mau disesatkan untuk menyembah allah lain dan beribadah kepadanya.

Jadi perkara pilihan kehidupan atau kematian bukanlah soal kebebasan yang sebebas-bebasnya. Pilihan hidup atau mati adalah masalah bagaimana kita merespons firman Tuhan dengan taat dalam keseharian kita. Kalau kita taat, maka hidup akan “hidup”. Sebaliknya jika kita tidak taat, maka hidup kita akan “mati”. Ketaatan adalah wujud hidup berintegritas, hidup sesuai dengan firman-Nya yang kita hayati sehari hari. Amin. (YEP)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.