Bacaan: MATIUS 3:13-17

Bagi sebagian orang, baptisan dianggap sebagai tanda dan puncak dari perjuangan iman seseorang yang ketika sudah melakukannya maka jaminan masuk surga itu sudah didapatnya. Namun benarkah makna baptisan hanya sebatas itu?

Bacaan kita hari ini mempersaksikan bagaimana Yesus memulai kisah pelayanan-Nya dengan baptisan yang dilakukan oleh Yohanes Pembaptis. Ketika Yohanes menyatakan bahwa Yesus tidak perlu dibaptis (karena Yohanes tahu siapa Yesus dan justru Yohanes-lah yang perlu dibaptis oleh Yesus), Yesus meminta Yohanes untuk tetap membaptis Diri-Nya. Dalam hal ini kita melihat bahwa Yesus dibaptis sebagai tanda penyerahan Diri-Nya sendiri untuk menggenapi kehendak Allah dalam panggilan-Nya. Serta melalui peristiwa turunnya Roh Kudus dan Suara Allah dari langit, status Yesus semakin dipertegas sebagai Anak Allah yang hadir di tengah kehidupan manusia dan kepada-Nya Allah Bapa berkenan. Baptisan bukan akhir tapi justru menjadi awal dari karya dan pelayanan Yesus di tengah dunia.

Menjadi Kristen adalah pilihan pribadi, tapi ketika kita sudah memproklamirkan iman secara pribadi di hadapan Tuhan dan jemaat-Nya melalui baptisan maka hidup sebagai seorang Kristen (pengikut Kristus) bukan lagi menjadi pilihan tetapi sebuah tanggung jawab.

Baptisan menjadi tanda respon kita atas anugerah keselamatan Allah dan dihisap masuk dalam anggota keluarga Kerajaan-Nya dengan hidup sebagai umat Allah. Hidup kita berubah, tidak lagi mempergunakan waktu dengan sia sia, egois, atau menuruti keinginan daging. Tetapi yang ada adalah perjuangan untuk terus memaknai baptisan kita sebagai awal penyerahan diri untuk hidup menurut kehendak Tuhan.

Masih dalam suasana tahun baru. Mari kita bertanya tentang resolusi hidup. Adakah kerinduan kita untuk menjalani tahun ini dengan menyerahkan diri kita kepada Tuhan dibentuk dan dituntun sesuai dengan kehendak-Nya? Kiranya kita semakin diubahkan dan dimampukan menjadi seperti Kristus. Tuhan Yesus menyertai kita sekalian. (NA)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.