Bacaan: IBRANI 1 : 1-4

Pada waktu kita merayakan Natal, maka kita perlu mengingat alasan adanya Natal. Yesus, adalah alasan adanya Natal. Tanpa Dia, tidak akan ada Natal sejati. Sangat menyedihkan jutaan orang merayakan Natal tanpa pengertian yang benar.

Yesus datang bukan sekedar memberikan kita liburan Natal, kado Natal, waktu bertemu handai taulan. Tetapi Dia datang untuk memberikan hal-hal yang jauh lebih besar dari semua itu. Yesus datang untuk menyatakan pribadi Allah. Di dalam Ibrani 1 : 3 dikatakan bahwa Yesus adalah “cahaya kemuliaan Allah” dan “gambar wujud Allah”. Sepanjang sejarah manusia telah berusaha mencari Allah dengan kekuatan mereka, dan sepanjang sejarah kita telah melihat kegagalan manusia. Kebenarannya ialah: kita tidak bisa menemukan Allah sampai Dia menyatakan diri-Nya kepada kita lewat Yesus Kristus. Kalau kita ingin mengenal Allah, maka kita perlu mengenal Yesus. Allah Bapa memberikan kepada kita Anak-Nya yang tunggal agar kita dapat mengenal Allah Bapa melalui Dia.

Yesus datang juga menyatakan kasih dan pengampunan Allah. Ibrani 1 : 3 “dan setelah selesai Ia mengadakan penyucian dosa, Ia duduk di sebelah kanan Yang Mahabesar, di tempat yang tinggi.” Yesus menyucikan dosa-dosa kita. Inilah inti alasan Natal: Kado Tuhan bagi umat-Nya ialah hidup kekal di dalam Yesus Kristus. Yesus dilahirkan untuk mati bagi Saudara dan Saya. Natal adalah saat bagi kita untuk mengungkapkan kasih dan ucapan syukur kita karena Allah telah mengampuni dosa-dosa kita.

Natal bukanlah soal pohon Natal dan kemeriahan perayaan Natal, tetapi tentang Allah yang datang ke dalam dunia dalam wujud manusia menyatakan kasih dan pengampunannya bagi umat manusia. Marilah kita sebagai orang-orang yang telah menerima kasih dan pengampunan-Nya juga menyatakan kasih dan pengampunan kepada orang-orang di sekitar kita. SELAMAT HARI NATAL!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.