Bacaan: Kisah Para Rasul 2: 1-21

Hari raya Pentakosta bagi orang Yahudi biasa dikenal sebagai hari raya Tujuh Minggu, dimana mereka merayakan ucapan syukur atas pencurahan berkat Tuhan di masa panen raya dengan berkumpul bersama di Yerusalem dan membawa persembahan hasil panen. Pentakosta adalah juga perayaan atas turunnya hukum Taurat, sebagai tanda tatanan kehidupan baru di dalam Tuhan setelah pembebasan umat Israel dari bangsa Mesir. Bagi orang Yahudi, Pentakosta memiliki makna pencurahan berkat atas hasil panen, sekaligus berkat spiritual atas diterimanya hukum Tuhan.

Lima puluh hari setelah kebangkitan Yesus, saat Pentakosta dirayakan di Yerusalem, Roh Kudus yang dijanjikan dicurahkan atas para murid. Roh Kudus menuntun mereka untuk berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain yang dapat dipahami oleh banyak orang yang berasal dari banyak daerah. Mereka heran, bagaimana mungkin orang-orang Galilea itu berbicara dalam banyak bahasa yang bisa mereka semua mengerti. Mereka berkata-kata, menceritakan tentang perbuatan besar Allah. 

Turunnya Roh Kudus di hari Pentakosta memberikan makna baru, sekaligus sebuah pesan yang penting bagi mereka yang hadir pada saat itu maupun kepada kita saat ini. Allah melalui Roh Kudus hadir di dalam hidup setiap orang percaya. Pimpinan-Nya mengajar dan memperlengkapi kita yang dipanggil untuk memberitakan Injil keselamatan dan membawa damai sejahtera Kristus bagi dunia. Pimpinan Roh Kudus membuat orang percaya memiliki keberanian untuk menjadi saksi dan mengambil bagian dalam pelayanan Kristus, seperti Petrus yang dulunya gentar menjadi berani untuk berdiri dan bersaksi tentang Kristus.

Kita adalah anak-anak Allah yang telah menerima anugerah keselamatan Kristus. Pada hari ini marilah kita belajar untuk mengambil bagian dalam pelayanan Kristus sebagai ucapan syukur kita atas anugerah-Nya melalui persembahan syukur dan hidup yang setia melayani Tuhan. Dalam pimpinan Roh Kudus, marilah kita mempersembahkan kesaksian hidup yang memberi kemuliaan bagi Allah. Selamat hari Pentakosta (ES)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.