Bahan Bacaan: LUKAS 4 : 1 -13

Pencobaan adalah kata yang berkonotasi negatif, karena bisanya pencobaan dilakukan untuk menjatuhkan seseorang agar meninggalkan Tuhan dan hidup dalam dosa. Pencobaan juga bisa datang dari diri kita sendiri karena keinginan mata, kenikmatan hidup atau keangkuhan kita. Pencobaan seringkali dimulai dengan keindahan, kecantikan, atau kenikmatan tetapi berakhir dengan kepahitan, penyesalan dan kerusakan. Sebagai contoh adalah kisah Adam dan Hawa yang dicobai iblis, sehingga menimbulkan keinginan Hawa untuk menjadi seperti Allah tetapi akhirnya mereka justru jatuh dalam dosa.

Dalam bacaan Minggu Pra Paska 1 dari Injil Lukas 4:1-13 menceritakan tentang Tuhan Yesus yang dicobai oleh iblis. Iblis mencobai Tuhan Yesus yang dalam kondisi lapar untuk mengubah batu menjadi roti. Apa yang ditawarkan oleh iblis bukan sesuatu yang sulit dilakukan karena dengan kuasa yang dimiliki-Nya tentulah hal itu dengan mudah dapat dilakukan oleh Tuhan Yesus. Tetapi Tuhan Yesus ingin mengajarkan bahwa manusia bukan hidup dari roti saja melainkan dari kebaikan dan pemeliharaan Allah. Kemudian iblis menawarkan kerajaan dunia jika Tuhan Yesus mau menyembahnya, namun Tuhan Yesus mengatakan bahwa hanya Tuhan Allah yang boleh disembah. Dan yang ketiga iblis meminta Tuhan Yesus menjatuhkan diri-Nya dari bubungan Bait Allah untuk menguji kesetiaan dan perlindungan Allah. Namun Tuhan Yesus mengatakan, jangan engkau mencobai Tuhan Allahmu. Tuhan Yesus dapat menang atas pencobaan yang dialamiNya karena berpegang teguh kepada kehendak Bapa-Nya, dan tidak dikalahkan oleh iblis yang ingin menggagalkan rencana keselamatan yang telah dirancang Allah untuk manusia berdosa.

Sebagai anak-anak Allah, kitapun tidak lepas dari berbagai pencobaan. Pencobaan yang kadang datang silih berganti, dapat membuat kita ingin menyerah. Rasul Paulus didalam suratnya kepada jemaat Korintus mengatakan “Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan keluar, sehingga kamu dapat menanggungnya”(1 Korintus 10 : 13).

Firman Tuhan ini memberikan janji dan kekuatan kepada setiap kita untuk percaya bahwa Allah tidak pernah meninggalkan kita. Bahkan kadangkala Allah mengijinkan kita mengalami pencobaan karena melalui pencobaan kita dibentuk menjadi dewasa didalam iman dan dapat melihat kuasa Allah bekerja menolong kita.

Ketika pencobaan datang menerpa hidup kita, ada beberapa hal yang perlu kita lakukan :

  • Selalu bersandar pada pimpinan Roh Kudus, karena kita tidak dapat mengandalkan kemampuan dan kekuatan kita sendiri
  • Bersandar pada Firman Tuhan sebagai satu-satunya pedoman kita untuk hidup benar di hadapanNya
  • Setia kepada Allah dan percaya bahwa penyertaan-Nya tidak pernah berhenti dan pertolongan-Nya tidak pernah terlambat.

Selamat berjuang bersama Kristus untuk menang atas pencobaan yang kita alami (LKSI).

Leave a Reply