32Bacaan: I RAJA-RAJA 3:5-14

Kebanyakan orang membuat resolusi hidup dan mengambil komitmen baru di penghujung tahun. Membuat resolusi hidup dan mengambil komitmen baru sebenarnya bisa dilakukan kapan saja, tetapi memang akhir tahun merupakan momen yang tepat untuk melakukan perubahan hidup untuk menatap tahun yang baru sebagai babak baru kehidupan.

Raja Salomo terpilih menjadi raja Israel menggantikan ayahnya, Raja Daud. Di awal masa pemerintahannya, TUHAN menemuinya dan berkata “Mintalah apa yang hendak Kuberikan kepadamu.” TUHAN memberi kesempatan pada Salomo untuk meminta apapun yang diinginkannya dan permintaan Salomo itu akan dikabulkan oleh TUHAN. Jawaban Salomo sangat mengejutkan, ia tidak meminta umur panjang, kekayaan ataupun nyawa musuh – musuhnya. Padahal itulah yang biasa diinginkan raja – raja lain. Tetapi Salomo meminta hati yang faham menimbang perkara untuk menghakimi umat TUHAN sehingga dapat membedakan antara yang baik dan jahat. Permintaan Salomo adalah baik di mata TUHAN, karena ia tidak meminta sesuatu yang memuaskan dirinya sendiri sebagai raja, melainkan hati yang penuh hikmat dan pengertian untuk dapat memimpin bangsa pilihan TUHAN. Permintaan Salomo dikabulkan, bahkan memberikan apa yang tidak dimintanya, yaitu kekayaan, kemuliaan dan umur panjang apabila Salomo tetap hidup menurut perintah TUHAN.

Banyak doa dan harapan yang kita panjatkan pada Tuhan di penghujung tahun ini. Kalau kita coba daftarkan, apakah doa dan harapan kita tujuannya untuk memuliakan Tuhan atau hanya untuk memuaskan keinginan kita sendiri? Kalau hanya untuk memuaskan keinginan pribadi kita, tentulah Tuhan tidak akan memberikannya. Mari kita belajar seperti raja Salomo yang walaupun apapun permintaannya akan dikabulkan TUHAN, tetapi ia meminta hati yang penuh hikmat dan pengertian, bukan untuk memuaskan keinginannya sendiri tetapi untuk dapat melakukan kehendak Tuhan yang telah memilihnya sebagai Raja atas Israel. (GRA)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.