26Bacaan: LUKAS 2:8-20

Natal membuat saya kembali teringat peristiwa beberapa tahun silam ketika saya bersama teman- teman serta anak-anak mengumpulkan dana dan barang-barang kebutuhan pokok untuk kami bawa ke sebuah panti asuhan. Kami kemudian merayakan Natal bersama anak-anak di panti asuhan tersebut. Semua orang yang ada di perayaan itu begitu bersukacita; bernyanyi, bermain, makan dan berbagi cerita bersama. Melihat wajah anak-anak dan saudara-saudara kami yang kurang beruntung itu tersenyum dan tertawa, membuat kami sungguh bersyukur diberi kesempatan untuk merayakan Natal bersama mereka.

Jika kita menyimak bacaan kita hari ini, ada satu hal yang mengagumkan tentang berita yang disampaikan malaikat kepada para gembala. Masa itu, para gembala dipandang sebagai kalangan rendah, orang-orang sederhana yang seringkali diremehkan, mungkin terlupakan oleh sesamanya. Tetapi justru mereka menjadi kalangan pertama yang mendengar kabar Istimewa dari malaikat Tuhan. Lihatlah sekeliling kita. Anak-anak di panti asuhan, anak-anak cacat di tempat-tempat rehabilitasi, orang-orang yang tinggal di kolong-kolong jembatan atau di tempat-tempat kumuh bahkan yang terpaksa tidur di emper-emper toko; mereka seperti para gembala. Orang-orang yang seringkali dipandang sebelah mata, dipandang rendah, orang-orang yang terpinggirkan. Kita seringkali lupa bahwa mereka juga saudara kita, sesama kita, ciptaan Allah juga.

Yesus lahir untuk semua orang dan Tuhan memangil kita untuk tidak mengabaikan orang-orang “sederhana” di sekitar kita. Karena hati Tuhan ada di antara orang-orang sederhana, kaum yang acap kali terpinggirkan. Dan kiranya di Natal kali ini kita diberi kepekaan untuk menangkap isi hati Tuhan, serta mulai belajar melakukan tindakan nyata terhadap “kawanan gembala” yang ada di sekeliling kita, di sekitar kita. Jangan menahan berita sukacita Natal itu dari mereka. Mari berbagi sukacita Natal itu dengan mereka sehingga mereka boleh melihat, mengalami kemuliaan Tuhan dan kelak mereka dapat percaya dan menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat mereka. (KY)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.