6Bacaan: MALEAKHI 4:1-6

Semua manusia ingin tahu kapan hari Tuhan itu tiba. Ada banyak alasan yang membuat manusia selalu ingin tahu dan mencoba berbagai macam cara untuk mengetahui dengan persis dan pasti kapan hari itu tiba. Tidak salah memang, tapi agaknya sampai hari ini semuanya justru malah tidak pernah menghasilkan apa-apa. Semua ramalan bahkan tafsiran tak ada satupun yang terjadi, bahkan mendekati pun tidak.

Alasan yang sering kita dengar tentang mengapa manusia ingin tahu kapan Hari Tuhan itu tiba, yaitu ingin bersiap diri. Maka pertanyaan selanjutnya adalah kalau sudah tahu kapan waktunya, masih jauh atau tidak baru bersiap diri? Jika tidak tahu maka tidak bersiap diri? Padahal justru semakin kita tidak tahu, justru semakin kita siap. Mengapa? Karena manusia yang selalu berada dalam keadaan yang sadar dan bersiap adalah manusia yang selalu berusaha berjuang untuk tetap berada dalam jalan hidup yang Tuhan kehendaki. Tidak mudah memang, cenderung akan jauh lebih sulit daripada sebaliknya. Pilihan ada di tangan kita. Hanya Tuhan berjanji bagi kita yang bertahan hingga akhir, akan terbit surya kebenaran dan kebebasan seperti anak lembu yang baru dilahirkan (Mal 4:2-3). Sungguh sebuah janji pengharapan dari Tuhan yang menenangkan dan melegakan. Di atas semuanya itu, pada Hari Tuhan kita akan melihat bahwa seluruh penderitaan dan kejahatan akan dihapuskan dan dilenyapkan oleh Tuhan. Tidak pernah ada yang sia-sia bagi setiap manusia yang setia pada Tuhan melakukan kehendak-Nya.

Maka saat ini mari kita selalu mengingat kasih setia Tuhan yang mampu membuat kita bertahan hingga akhir. Semua yang terjadi di dunia ini akan berakhir, setiap kesedihan, kekecewaan, kegagalan, kejahatan, kefasikan, dan semua hal yang tidak menyenangkan Tuhan akan tiba pada kesudahannya. Inilah janji yang kembali meneguhkan kita. Janji yang memberikan kita pengharapan.Janji yang membuat kita mampu bertahan dalam setiap kondisi yang menyedihkan dan memilukan terjadi di dunia saat ini. Jangan takut, jangan gelisah dan jangan ragu karena setiap perbuatan jahat akan berakhir di tangan Tuhan yang akan segera tiba. Kita menanti dalam kerinduan dan kesetiaan kita pada-Nya. Selamat berjuang! (KHS)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.